Sabtu, 06 Juni 2015

1. Ruang Lingkup

  Kita tentu sudah sering mendengar kata “ruang lingkup”, namun sudahkah anda mengetahui pengertian yang benar mengenai kata tersebut? Ruang lingkup secara umum memiliki makna batasan. Dalam arti luas batasan ini bisa dalam bentuk materi, variable yang diteliti, subjek, atau lokasi. Ruang lingkup bisa diartikan secara lebih khusus pada materi atau hal tertentu.
  Dalam sebuah penelitian ruang lingkup bisa berarti pembatasan variable yang digunakan, berapa banyak subjek yang akan diteliti, luas lokasi penelitian, materi yang dikaji, dan sebagainya. adanya pembatasan atau ruang lingkup dalam sebuah penelitian penting adanya karena akan mempengaruhi validitas dari hasil penelitian itu sendiri.
   Kemudian ruang lingkup secara khusus juga digunakan untuk membatasi materi dari sebuah ilmu. Misalnya saja ilmu psikologi memiliki ruang lingkup psikologi dasar, psikologi kepribadian, psikologi kesehatan, psikologi pendidikan, psikologi anak, psikologi dewasa, dan sebagainya. dalam setiap cabang dapat dibeberkan ruang lingkupnya masing-masing. Misalnya psikologi kesehatan memiliki ruang lingkup kesehatan jiwa, psikolopi pasien di rumah sakit, psikologi kehamilan, gangguan psikologi, dan sebagainya. dari contoh di atas dapat diambil pelajaran mengenai makna ruang lingkup secara khusus.
   Untuk mengetahui ruang lingkup suatu hal kita perlu mendapatkan pengertian dari istilah tersebut atau dengan kata lain ruang lingkup merupakan batasan dari pengertian umum dari suatu pokok materi. Sebut saja materi mengenai ilmu social dasar. Pengertiannya adalah ilmu yang membahas mengenai pemecahan masalah kehidupan. Kita tahu bahwa masalah kehidupan ini begitu kompleks sehingga akan kesulitan bila tidak diberikan batasan apa saja yang perlu dipelajari. Untuk itu perlu membuat ruang lingkup materi agar pembelajaran lebih terarah. Dalam ilmu social dasar ini dapat dibuat ruang lingkup mengenai dasar-dasar masalah manusia seperti masalah keluarga, masalah masyarakat, kebudayaan, norma setempat, pelapisan social dan persamaan derajat, teknologi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, masalah masyarakat di perkotaan dan pedesaan, serta masalah hubungan antar Negara. Dari pembahasan ini kita akan mengetahui kemana arah materi akan disampaikan.
   Ruang lingkup juga bisa dipakai untuk hal-hal yang sifatnya sederhana. Misalnya saja tentang teknik membuat cangkul. Pertama kita harus mengetahui pengertian dari cangkul itu sendiri, kemudian manfaatnya, mutu atau kualitas, uji coba, dan syarat. Pengertian cangkul adalah alat dari bahan besi dan kayu yang banyak digunakan petani di sawah. Manfaatnya untuk memindahkan tanah, membuat lubang di tanah, dan bercocok tanam. Secara kualitas cangkul dapat dilihat dari bagaimana tampilan luarnya, apakah rata dan rapi atau masih ada bagian yang terlihat kasar. Begitu seterusnya hingga mendapatkan materi bahasan.
   Secara umum ruang lingkup berarti batasan dan secara khusus ruang lingkup berarti pengertian suatu materi secara lebih detail. Nah, dengan adanya ruang lingkup ini materi yang disajikan jauh lebih terarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manusia & Harapan

》Harapan (Hope) Harapan itu berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi; sehingga harapan berarti sesuatu yan...